Selasa, 12 Mei 2009

Bahan dasar masakan

Mhm... terinspirasi dari blognya Esther.. gw jadi pengen cerita soal masak memasak :)
Gw ini sebenernya hobi masak dan nyoba-nyoba...
tapi karena terbentur waktu dan tidak punya helper, jadinya gw cuma masak yang gampang-gampang aja.

Gw ini kerja, jadi pulang udah sore.. sampe rumah perut udah krucuk-krucuk jadi mesti masak dengan cepat. Belum lagi mesti ngeladenin TJ juga ....

Biasanya tiap sabtu gw bakal belanja sayuran ke supermarket (yg gampang aja deh... abis kadang belanja ke pasar juga jadinya mahal, secara gw ga ahli tawar menawar). Terus untuk daging-dagingan, gw olah dulu terus simpen di kulkas bawah. Soalnya kalo pulang kantor masih harus nunguin daging2an yg disimpen di freezer meleleh dulu.. wah bisa kemaleman masaknya.

Gw paling demen kalo daging sapi itu diblender (biar ga susah makannya secara gigi gw rada2 kaga bisa kalo ngunyah yang alot2 walau daging fillet sekalipun).

Kali ini gw mo cerita soal bahan dasar daging sapi giling.
Dari bahan dasar ini bisa jadi : puyung hai, martabak, spaghetti, baby buncis cah daging, kentang kecap atau untuk temen tumisan sayuran laiinya.

Resep bahan dasar :
0,5-1 kg daging sapi giling
bawang merah/bawang bombay secukupnya (kalo kepikiran minggu ini mo masak spaghetti) tapi kalo ga biasanya gw pake bawang merah aja. Karena gw cukup suka bawang merah, biasanya gw pake rada banyak biar wangi.
daun bawang diiris secukupnya
garam, merica, gula pasir secukupnya.

Cara :
tumis bawang merah/bombay hingga wangi, masukkan daging cincang, bumbu2 lalu tumis sampai matang. Terakhir masukkan daun bawang, aduk-aduk sebentar sampai daun bawang aga layu, selesai (tapi kalo kepikiran mo masak spaghetti, daun bawang ditiadakan aja he he he.. lucu kalo di spaghetti ada daun bawangnya).
He he he he.. gampang kan? Dinginkan , lalu masukkan dalam kulkas bagian bawah.
Biasanya sih, kalau udah dimasak gini menurut nyokap jangan disimpan lama-lama.. sekitar 3 hari aja udah mesti abis.

Untuk resep puyunghai :
Bahan :
daging cincang bahan dasar secukupnya
daun bawang iris
bawang bombai potong kecil2
kadang suka gw tambahin kembang kol
atau daging kani buatan
2 atau 3 butir telur
terigu secukupnya
vanili dikit (biar wangi he he he)
garam, gula, merica, saus tiram secukupnya

Bahan saus :
daun bawang iris
2 siung bawang putih keprek
bawang bombai potong kecil2
2 buah tomat buah dipotong dadu
1 buah cabe merah besar, iris melintang
garam, gula, merica
saus tomat botolan
air matang secukupnya
sagu campur air dikit untuk mengentalkan

Cara :
campur semua bahan masukkan dalam kocokan telur, panaskan minyak yang banyak dalam kuali.
Masukkan bahan ke dalam kuali. Goreng sampai matang.

Untuk saus :
tumis bawang putih sampai wangi, masukkan bawang bombai, cabe dan tomat.
masukkan
garam, gula, merica, saus tomat botolan secukupnya.
Aduk-aduk, tambahkan air matang.
Masukkan daun bawang.
Jika rasanya udah ok, kentalkan dengan sagu.
Tuang saus di atas puyunghai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar