Jumat, 22 Mei 2009

Busy day

Hari Jumat adalah hari belanja buat gw....
soalnya sabtu minggu kan TJ ama gw, jadi makanannya gw yang masak.
Supaya bahan2nya seger, setiap jumat gw belanja ke supermarket.
Tadi abis baca2 blognya mommy and axel, di sana ada resep soup yang yummy kelihatannya.. so gw pengen cobain ah... tp dengan modifikasi tentunya...

Udah lama juga TJ ga makan ikan... gara2 terakhir dia gw kasih gindara eh jadi mencret... jadi stop ikan dulu. Rencananya gw pengen bikinin soup itu tapi seafoodnya gw ganti pake potongan salmon :)

Jadi tadi pas makan siang gw ngacir ke farmers market. Gw paling demen beli ikan di sana.. kualitas ikannya bagus menurut gw.
Pas nyampe di tukang ikan, dia lagi ng-wrap-in salmon fillet.
Gw liat mhmm.. kok alasnya pake plastik container item gitu...
biasanya kan pake stryrofoam... gw liat harganya.. wuihhh 399...
1 kotak isi sepotong kecil gitu 60 rb-an .. terus sebelah gw ada ibu2 muda juga... dia lagi pegang2 kotak salmon
sambil ngomong ama gw "mahal ya... " Gw sih senyum2 aja... terus tukang ikannya bilang
"di sebelah sana bu, fillet yang biasa... " Jadi ada stan gitu di depannya counter ikan...
Tyt isinya yang salmon fillet pake styrofoam putih. Yg itu sekilonya 199 (yg fillet belly).
Jadi 1 kotak kecil itu sekitar 30 rb-an. Gw tanya apa bedanya?
Kata tukang ikan kalo yg item ini salmon australia... ikan yg idup liar di laut.
Kalo yang itu, salmon norwegia, hasil budidaya. Gila juga ya, bedanya ampe 2x lipet.
Emang sih kalo yang salmon australia itu dagingnya lebih merah....
gw sih ga ngerti ya salmon yang bagus itu seperti apa sih...
apakah lebih merah itu artinya lebih bagus ya?
Anyway, si ibu2 itu akhirnya dia ambil yang salmon australia..
sedangkan gw? Ambil yang norwegia aja deh he he he...


8 komentar:

  1. Hai Amel. hihi.. jadi malu nih, nama gua disebut2. Wakakaa.. Marinara gourmet itu, katanya sih kalo di luar negeri, adalah seafood campur2 di kalengan. Gue sih pake ikan ama udang ajah. Lu kalo mau bikin sup yang di blog gua itu, bikin aja 1/3 resep kalo cuma untuk lu, hubby ama TJ. Soale banyak banget. Dan itu mengenyangkan lho, soalnya kan kentangnya di juice. Axel sih doyan banget. Cuma berhubung gua bikinnya pake kaldu block, gue ga berani kasih banyak2.

    Kapan2 lu cobain deh bikin kani koroku. Aduu.. anak gua doyan banget. Ampe rebutan ama bapaknya.

    Btw, emang rumah lu daerah mana? Gue mah ga pernah lhoh beli salmon. Haha.. Soale pernah sekali beli di C4, pas udah di tim, bau amis. Wakaka.. Sejak itu ga berani lagi deh beli salmon. Sekarang gue kalo beli ikan di Pasar Pademangan. Haha.. Beli kakap putih 1 kg cuma Rp 23.000 (kira2 5 ekor/ 2 kg). Axel juga doyan tuh, di tim begitu ajah. Cobain juga yak. Elsiey

    BalasHapus
  2. Rumah gw di daerah gading El... supnya akhirnya gw bagi 2... yg setengah pake salmon yang setengah lagi pake smoked beef, jamur dan ayam :) yang pake smoked beef ... mhmm yummy! yang salmon.. hiks.. gw ga doyan he he he... si TJ juga ga doyan... untung ga semua salmon gw cemplungin.. akhirnya sebagian salmonnya gw goreng tepung, tapi dagingnya gw belah tengah gw isiin keju... baru deh si TJ mo makan :D

    BalasHapus
  3. wakakaa.. memang ya Mel, kalo anak2 udah mulai tengil, makan pilih2, kadang2 kita yang masak rasanya gregetan. Iya ga sih? Si Axel kan kagak bisa gendut. Jadi waktu kapan hari gua bikinin apa ya namanya, itu tuh daging dicincang terus disaring, diambil sarinya, terus di tim. Masaoloh, itu kan bikinnya susah banget. Axel kagak mau. Huaaaa..

    Kemaren gue juga bikin lagi pake smoked beef ama crab stick. Adu, enak banget. Weheehe..

    Ha, rumahnya daerah Gading ya. Bole nih kapan2 kopi darat. Haha.. Tapi ya Mel, gue ini tipe orang yang males keluar rumah. Haha.. Jadi kadang2 pengennnn janjian ama orang, tapi ternyata rasa malas itu lebih kuat. Wahaa.. abisnya Senin Jumat kerja. Sabtu pagi masak, jadi Sabtu siang maunya bobo besar. Wakaaka.. Ntar kapan2 deh ya kita janjian.

    BalasHapus
  4. He he he.. sama donk :) gw juga tipe rumahan... lebih demen leyeh2 di rumah ha ha haa :D
    Sabtu Minggu beres2 apt, masak n main ama TJ.
    Boleh kapan2 kita janjian ya...

    BalasHapus
  5. Hai... salam kenal yah... numpang baca2...
    Setahu aku nih, kalau salmon yang dagingnya lebih merah itu biasanya lebih lembut.
    Pernah makan sushi / sashimi salmon nggak ? Semakin merah daging salmonnya, semakin enak, dagingnya lumer di mulut gitu...
    Duh jadi pingin makan sushi salmon...

    Emil
    http://blog.dunia-kosmetik.com

    BalasHapus
  6. Kalu disini salmon ada yg merah ada yg pink. Kita sih lebih demen yg merah, sebab lebih enak rasanya. Memang sih harganya lebih mahal daripada yg pink.

    BalasHapus
  7. Hi Mami Di Sini dan Baby Beluga..
    salam kenal juga :)
    kebetulan aku ga suka makan sashimi..
    kalau salmon diasap atau dipanggang atau digoreng atau diapain deh asal mateng sih doyan he he he he :D

    BalasHapus
  8. mhm.. setelah baca2 di sini :
    http://www.nrdc.org/health/effects/mercury/guide.asp --> ada pernyataan mengenai farm salmon.

    Gw belum google lagi sih PCB itu apa... tapi
    kayanya lain kali kalau mau beli salmon lagi, gw akan beli si salmon liar itu he he he...

    BalasHapus